treninetwork.com

Sabtu, 23 Maret 2013

Cacing Usus Bisa Dideteksi dengan IPhone

ThumbnailMetrotvnews.com: Telepon pintar keluaran Apple, iPhone 4S, tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Alat tersebut ternyata dapat mendiagnosis infeksi cacing usus pada anak-anak sekolah.

Di Tanzania, ilmuwan memasang sebuah lensa bola seharga US$ 8 atau setara Rp 77 ribu pada lensa kamera ponsel. Ilmuwan juga menggunakan sebuah senter murah dan plester ganda untuk membuat sebuah mikroskop.

Menggunakan kamera improvisasi tersebut, peneliti mempelajari kehadiran telur, yang menjadi tanda kehadiran parasit di dalam usus. Saat hasilnya diperiksa ulang di laboratorium dengan mikroskop sesungguhnya, ternyata akurasi alat ciptaan mereka tersebut mencapai 70 persen dari sampel yang terkena infeksi, dan ada 90 persen infeksi yang lebih berat.

Peneliti Dr Isaac Bogoch, seorang spesialis dalam penyakit infeksi dan internal di Rumah Sakit Umum Toronto, mengatakan dia membaca tentang mikroskop dari telepon pintar itu dicoba dalam sebuah laboratorium. Ia pun memutuskan untuk menciptakan kembali dalam aturan yang nyata.

"Pada akhirnya kami menginginkan sesuatu seperti ini bisa digunakan sebagai test diagnosa. Kami ingin digunakan oleh seorang yang bisa memakainya,'' katanya. Ia menilai akurasi mikroskop dengan alat pintar itu cukup bagus karena mencapai 70 persen. Meski demikian, ia berharap tingkat akurasi mencapai di atas 80 persen.

"Teknologinya tersedia. Kami ingin menggunakan bahan yang terjangkau dan mudah didapat," kata Bogoch. Kajian itu dipublikasikan di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene.

Dr Bogoch beserta timnya, yang terdiri atas ahli dari Rumah Sakit Umum Massachusetts dan Institut Kesehatan Publik dan Tropis Swiss, mengatakan alasan menggunakan Apple iPhone. Sebab, iPhone merupakan telepon pintar hanya satu-satunya yang ia miliki.

"Anda butuh lensa bola untuk membantu pembesaran, tetapi telepon seluler apapun dengan kamera layak dan fungsi pembesaran akan cukup,'' katanya.

Telur cacing terkecil yang berhasil terlihat dengan menggunakan kamera telepon seluler ini memiliki diameter 40-60 mikrometer. "Dari sebuah telur itu bukan kecil tetapi tidak besar juga,'' kata Dr Bogoch. "Mikroskop sangat bagus dalam mendiagnosa anak-anak yang terinfeksi dengan cacing usur, jadi mereka bisa dengan lebih mudah dilihat.''

Cacing usus diperkirakan menginfeksi lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia, kebanyakan di kawasan miskin. Infeksi parasit ini menyebabkan gizi buruk, pelambatan pertumbuhan dan mengganggu perkembangan mental.(Go4)

Editor: Laela Badriyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sertakan pertanyaan, komentar, pendapat, kritik dan saran anda pada kolom komentar dibawah ini. Saya menghargai setiap pesan anda dan berterima kasih kepada anda....
Silahkan tinggalkan pesan anda!