treninetwork.com

Sabtu, 23 Maret 2013

Akhir Pekan Ini, Bumi Diserbu Asteroid

ThumbnailMetrotvnews,com, Cape Canaveral: Sebuah asteroid berukuran panjang lebih dari 100 meter melaju sangat dekat dengan bumi pada Sabtu (9/3). Asteroid itu merupakan bagian dari kelompok asteroid yang melintas ke arah bumi termasuk asteroid sebesar bus yang meledak di atas Rusia pada bulan lalu dan melukai 1.500 orang.

Diketahui enam hari lalu, asteroid sepanjang 140 meter yang diberi nama Astroid 2013 ET melintas dalam jarak 950 ribu kilometer dari bumi pada pukul 20.30 GMT.

Meski jarak itu 2,5 kali jarak bumi ke bumi, untuk ukuran kosmik itu sangat dekat.

"Yang paling menyeramkan adalah asteroid itu sebelum tidak diketahui keberadaannya hingga enam hari lalu," ujar Presiden Slooh Space Camera Patrick Paolucci.

Menurut Paolucci, asteroid yang bergerak dengan kecepatan 41.843 kilometer per jam itu bisa menghancurkan sebuah kota besar jika menabrak bumi.

Asteroid 2013 ET itu berukuran delapan kali lebih besar dari asteroid yang meledak di atas Chelyabinsk, Rusia pada 15 Februari. Ledakan dengan kekuatan sebanding dengan ledakan 440 kiloton dinamit menyebabkan gelombang kejut yang menghancurkan kaca dan merusak bangunan serta menyebabkan lebih dari 1.500 orang terluka.

Di hari yang sama, sebuah asteorid yang lebih kecil, DA14 melintas dengan jarak 27.680 kilometer dari bumi.

"Salah satu alasan kita menemukan lebih banyak asteroid yang mengarah ke bumi adalah karena kita mulai mencari mereka," ungkap Paolucci.

Dua asteroid lainnya, keduanya berukuran kurang lebih sama dengan meteor yang meledak di Rusia juga akan melintas dekat bumi pada akhir pekan ini.

Asteroid 2013 EC 20 melintas di jarak 150 ribu kilometer dari bumi pada Sabtu (9/3). Adapun asteroid 2013 EN 20 akan melintas di jarak 449.007 kilometer dari bumi pada Minggu (10/3). (Reuters)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sertakan pertanyaan, komentar, pendapat, kritik dan saran anda pada kolom komentar dibawah ini. Saya menghargai setiap pesan anda dan berterima kasih kepada anda....
Silahkan tinggalkan pesan anda!